Menentukan posisi sebuah objek terhadap objek lain


Menentukan posisi sebuah objek terhadap objek lain


Trik menentukan posisi sebuah objek atau layer terhadap objek lain sering sekali digunakan dalam dunia design grafis. Karena pada dasarnya sebuah gambar adalah kumpulan dari beberapa objek atau layer yang membentuk suatu kesatuan. Tentu saja akan sangat merepotkan jika kita menentukan posisi sebuah objek secara manual. Untung saja para pengembang software untuk design grafis tanggap akan hal ini, mereka menyediakan fitur ini untuk mempercepat kerja kita. Berikut adalah sedikit penjelasannya.
Karena mengolah gambar vektor yang kadang menuntut kerapihan tingkat tinggi, jadi fitur ini sangat penting di CorelDraw. Untuk contoh saya akan mengambil ilustrasi sederhana;
Ada dua buah kotak, yang besar warna kuning dan yang kecil merah. Yang kita inginkan adalah menyimpan kotak merah di sudut kiri atas kotak warna kuning.
Pertama klik kotak warna merah, lalu sambil menekan shift klik kotak warna kuning. Kedua gambar akan terseleksi. Lalu klik menur Arrange -> Align and Distribute disana akan muncul beberapa opsi posisi yang diinginkan beserta shortcutnya. Karena kita ingin menyimpan kotak merah tersebut di sudut kiri atas berarti pilih Align Top (T) dan Align Left (L). Begitulah mudah sekali bukan, untuk posisi lainnya silahkan perhatikan gambar berikut + telah disertai shortcut untuk mempercepat pekerjaan kita.
posisi objek