Memahami Penggunaan Weld, Trim, Intersect dan Lainnya di CorelDraw

Memahami Penggunaan Weld, Trim, Intersect dan Lainnya di CorelDraw

Kali ini saya akan menulis tentang Tutorial CorelDraw Dasar lainnya, setelah sebelumnya tentang membuat efek 3D pada tulisanTracing GambarMenentukan Posisi Objek Terhadap Objek lainnya, dan Mengganti Shortcut pada CorelDraw. Kali ini kita akan belajar memahami penggunaan Weld, Trim, Intersect dan yang lainnya. Fitur ini berfungsi untuk menggabungkan atau memotong objek dengan objek lain yang telah kita buat.  Kegunaannya banyak dan tentu saja untuk mempermudah kerjaan kita.
Yang kita bahas hanya pemahaman atau konsep dasarnya saja, soal penerapan yang lebih komplek InsyaAllah kita lihat di tutorial tahap menengah yang akan mulai saya tulis setelah seri tutorial CorelDraw dasar selesai. Langsung saja ke TKP dan mulai memotong objek …
Pertama, buat dua objek berupa kotak  yang saling tumpang tindih, satu dikasih warna hijau dan orange. Simpan kotak warna orange diatas  kotak warna hijau dan mulai kita mainkan…
trim activated when klik 2 object
Fitur ini muncul di property bar, ketika kita memilih 2 objek. Jadi untuk contoh kita, klik kotak warna hijau, tekan shift (tahan) lalu klik kotak warna orange. Nah di property bar muncul 7 fitur untuk menggabungkan atau memotong antar 2 kotak tersebut yang akan kita bahasa satu persatu…

Weld

Weld berfungsi menggabungkan 2 kotak tersebut jadi sebuah objek baru. Warna dari objek baru hasil penggabungan 2 kotak tersebut akan mengikuti objek terakhir yang kita pilih. Jadi jika yang kita klik lebih dulu adalah kotak warna hijau lalu kemudian kotak warna orange maka hasil objeknya akan berwarna orange. Jika sebaliknya maka hasil objeknya akan berwarna hijau. Hasilnya lihat gambar!
weld on corelDraw

Trim

Trim berfungsi untuk memotong objek dengan objek lain yang bersinggungan. Pada trim objek pertama yang diseleksi akan memotong objek kedua yang diseleksi. Untuk contoh kita, si Hijau (Kotak Berwarna Hijau) yang pertama kita klik akan memotong si Orange (Kotak berwarna orange) yang di klik / seleksi terakhir, meskipun si Orange berada di atas si Hijau.
trim on corelDraw
Pada gambar kita lihat, bahwa si Hijau memotong si Orange. Jika dipisahkan seperti gambar ketiga maka si Orange sudah tidak berbentuk kotak lagi karena telah terpotong oleh bagian si Hijau.

Intersect

Intersect berfungsi untuk mendapatkan objek baru hasil dari persinggungan dua objek. Pada contoh kita maka akan dihasilkan kotak baru didaerah persinggungan si Hijau dan si Orange. Biar lebih jelas kita pisahkan dan beri warna Biru. Hasilnya seperti pada gambar,
intersect on corelDraw

Simplify

Sejujurnya saya sering menggunakan fitur ini, karena hampir sama dengan Trim. Bedanya Simplify tidak terpengaruh oleh objek mana yang kita seleksi lebih dulu, yang jadi patokan adalah objek yang berada di atas akan memotong objek yang bersinggungan yang berada dibawahnya. Pada contoh kita, karena si Hijau berada di bawah si Orange maka yang akan terpotong adalah si Hijau, meskipun yang kita seleksi lebih dulu adalah si Hijau.
simplify on corelDraw

Front Minus Back dan Back Minus Front

Seperti namanya, maka fitur Front Minus Back akan memotong  objek yang paling atas oleh objek yang ada dibawah dan objek yang berada di bawah tersebut akan langsung hilang. Sederhananya seperti dihapus oleh objek yang berada di bawah . Dalam contoh kita, si Orange akan terpotong oleh si Hijau yang berada di bawahnya dan si Hijaunya langsung menghilang. Hasilnya ditunjukan pada gambar kedua.
front-minus-back-dan-back-minus-front-on-corelDraw
Untuk fitur Back Minus Front  berarti kebalikannya, Objek yang dibawah akan terpotong atau terhapus oleh objek yang ada di atasnya. Pada contoh kita, maka si Hijau akan terhapus oleh si Orange yang ada di atasnya dan si Orange langsung menghilang. Hasilnya terlihat pada gambar ketiga.

Create A New Object That Surrounds The Selected Objects

Fitur ini berfungsi untuk menghasilkan objek baru dari hasil penggabungan 2 objek yang diseleksi. Hasilnya mirip hasil Weld, bedanya 2 objek pembentuknya masih ada sedangkan pada Weld 2 objek pembentuknya sudah tidak ada.  Lihat gambar biar lebih jelas.
new object on surround that object on corelDraw
Objek barunya hanya berupa Outline yang mengelilingi si Hijau dan si Orange. Jika kita pisahkan maka akan tampak seperti gambar ketiga.
Demikian tentang kegunaan Weld, Trim, Intersect dan teman-temannya, intinya berfungsi untuk menggabungkan, memotong atau menghapus objek dengan objek lain.

Sumber : magzimp


Study : Weld + Trim + Intersect

Hari Jumat kemarin kita dah belajar soal Tool Weld + Trim + Intersect. tapi sebenarnya utnuk apa sih tool-tool itu ??? so.. untuk temen-temen yang nggak bisa datang di komunitas kami, kami coba untuk mensharekan apa telah kami pelajari minggu kemarin ( Jumat , 18 Januari 2008 ).

WELD >> sebuah tool yang dipake untuk mengabungkan 2 atau lebih objek yang saling berpotongan sehingga menjadi SATU buah OBJECT.

Step >>
1. Pilih kedua objek (Kotak & LIngkaran )
2. Pilih Menu ARRANGE >> SHAPING >> WELD



<< Note : Warna Objek yang berada di bawah ( kotak biru ) akan menjadi warna dasar
<< Note : Objek yang akan di weld harus saling berpotongan ( nempel )

TRIM >> Sebuah tool yang dipake untuk memotong objek , dimana objek yang berada di AR
ATAS sebuah objek akan bertindak sebagai PEMOTONG dan objek yang berada di BAWAH sebagai objek yang dipotong.

Step >>
1. Pilih Kedua Objek ( Kotak & lingkaran )
2. PIlih Menu ARRANGE >> SHAPING >> TRIM
<< Note : Objek yang akan di Trim harus saling berpotongan ( nempel )

INTERSECT >> Sebuah tool yang dipake untuk menghasilkan sebuah OBJEK BARU yang dihasilkan dari DUA buah objek yang saling berpotongan ( nempel ).

Step >>
1. Pilih Kedua Objek ( Kotak & lingkaran )
2. PIlih Menu ARRANGE >> SHAPING >> INTERSECT

<< Note : Objek-objek yang akan di Intersect harus saling berpotongan ( nempel )

Example WELD >> Kasus membuat Kunci






>> STEP
1. Buatlah sketsa kunci seperti dibawah ini dengan bahan dasar :



2 buah >> Ellipse Tool << note : untuk membuat lingkaran yagn benar-benar bulat
- sambil mendrag-drop kombinasikan dengan tombol CONTROL
5 buah >> Rectangle Tool << note : Untuk mengkopi paling cepat
- pilih PICK TOOL kemudian tekan tombol + ( plus )
2. Blok semua objek >> kemudian pilih Menu Arrange + SHAPING + WELD 
Reaksi: